Cara Menginstal Debian 6 (Squeeze)

Apa itu Debian?

Debian adalah sebuah sistem operasi Open Source yang merupakan turunan dari Linux,dan dikembangkan secara terbuka untuk programmer yang bersedia mengembangkan sistem operasi ini.Debian merupakan gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga populer dengan nama Debian GNU/Linux.


Hasil gambar untuk Pengertian debian

Apa Fungsi dari Debian?

Sistem Operasi Debian ini biasanya lebih dikaitkan untuk membangun sebuah server.Yang Berfungsi sebagai:
  1. Penyedia Layanan (Seperti DNS server,Mail Server,Proxy Server,Dan Lainnya),
  2. Pengatur Proses Jaringan (Seperti Fungsi Router,Repeater,Dan Lainnya)
  3. Berfungsi untuk melakukan troubleshooting,dalam artian bisa mendeteksi kesalahan yang ada pada hardware,software,maupun network (jaringan)
Kelebihan dan Kekurangan Debian?

~ Kelebihan :
  • Merupakan Sistem Operasi yang Kestabilan Programnya telah teruji,tidak mudah hang,walaupun telah dinyalakan non-stop selama berbulan-bulan.
  • Sistem Operasi yang "Open Source",dalam artian semua daftar program dari sistem operasi tersebut dapat dilihat dan diubah tanpa adanya larangan.
  • Sistem Operasi yang "Free Software",dengan arti kita dapat menyalin,mengambil,mengcopy,dan menyebarkannya dengan bebas
~Kekurangan :
  • Cukup Sulit untuk dikonfigurasi bagi yang pemula
  • Proses Pengembangan / Update dari Sistem debian yang cukup Lama
  • Tidak cocok untuk bermain game,karena hanya sedikit game yang support di debian dan umumnya debian tidak digunakan untuk bermain game.

- Menggunakan Metode GUI

GUI Merupakan Singkatan dari Graphical User Interface, artinya setelah kita instalasi debian nanti akan muncul secara tampilan Dekstop (Graphich).
Berikut tutorialnya . 👇

Menggunakan Metode CLI

CLI Merupakan Singkatan dari Command Line Interface, artinya setelah kita instalasi debian nanti akan muncul secara tampilan Text. Beda dengan metode GUI yang akan muncul berupa tampilan, sedangkan metode CLI akan muncul tampilan berupa Text.
Berikut tutorialnya . 👇


Sumber: Fadhil Alfarizi
Editor: Fadhil Alfarizi 
Sekolah: SMKN 1 Aceh Barat Daya
Peserta magang di Binatika Aceh

posted under |

0 comentários:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Postingan Populer

Jaringan Komputer

Apa Itu Jaringan Komputer ? Pengertian Jaringan Komputer Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih kompu...

    Translate

    Anda Pengunjung Ke:


Recent Comments